Q & A KEDAI DIGITAL # 61 SEMARANG


Taufik Suparditomo ( MANAGER KD #61)
085641285972

Kenapa Merchandise?
Sebuah perusahaan tidak terlepas dari sebuah promosi. Promosi menjadi salah satu elemen
yang memegang peranan penting pada maju tidaknya suatu perusahaan. Hal ini dapat terlihat
jelas pada dunia advertising yang berkembang sangat pesat dari tahun ke tahun. Berbagai
jenis media promosi beredar dengan berbagai macam brand yang saling bersaing
menawarkan keunggulan-keunggulan yang mereka miliki. Salah satu media promosi yang
populer adalah dengan menggunakan media merchandise.
Merchandise merupakan suatu barang / produk yang dapat digunakan sehari-hari, yang
dilengkapi dengan branding suatu perusahaan. Cara ini merupakan salah satu cara promosi
yang efektif, karena brand perusahaan tersebut akan dapat terus berpromosi tanpa biaya
selama merchandise tersebut digunakan.

Siapa Kami?
Kedai Digital adalah sebuah unit usaha yang bergerak dalam berbagai bidang produksi kreatif
khususnya bidang merchandising & desain grafis. Kedai Digital didirikan pada tanggal 28
Februari 2005. Dalam kurun waktu delapan tahun ini perkembangannya sangat pesat dan
memiliki 62 outlet yang tersebar di berbagai kota di Indonesia. Penghargaan yang diraih
adalah sebagai Juara 2 Wirausaha Muda Mandiri diselenggarakan oleh Bank Mandiri dan
Indonesia Small and Medium Bussines Entrepreneur Award (ISMBEA) yang diprakarsai
Majalah Wirausaha dan Keuangan Jakarta. Baru-baru ini kami juga mendapat penghargaan di
ASIAN PASIFIC ENTERPRISE sebagai THE MOST PROMISING BUSINESS.

Apa produk kami?
Produk utama dari Kedai Digital adalah berbagai macam merchandise yang biasa digunakan
sebagai souvenir, gift, kenang-kenangan, tanda terima kasih, maupun sebagai media promosi
sebuah perusahaan. Contoh produk yang ditawarkan adalah mug, pin, gantungan kunci, id
card, keramik, jam dinding, jam keramik, poster, mousepad, kaos, payung, dll.

Apa kelebihan kami?
Selama ini merchandise hanya dapat dipesan dengan minimum order. Hal ini tentu saja
memberatkan karena kebutuhan akan suatu merchandise tidaklah selalu dalam jumlah
banyak. Permasalahan ini yang coba dipahami oleh kami, dan menemukan solusinya. Dengan
teknik digital, kami dapat membuat suatu merchandise tanpa minimum order. Itulah
yang menjadi alasan kenapa kami memiliki tagline “Bikin Mug Satoe Sadja” dan “Bikin
Merchandise Semau Kamoe”.
Inilah yg menjadi nilai lebih dari kami.

Fungsi Merchandise?
Sebuah perusahaan tidak terlepas dari sebuah promosi. Promosi menjadi salah satu elemen
yang memegang peranan penting pada maju tidaknya suatu perusahaan. Hal ini dapat terlihat
jelas pada dunia advertising yang berkembang sangat pesat dari tahun ke tahun. Berbagai
jenis media promosi beredar dengan berbagai macam brand yang saling bersaing
menawarkan keunggulan-keunggulan yang mereka miliki. Salah satu media promosi yang
populer adalah dengan menggunakan media merchandise.
Merchandise merupakan suatu barang / produk yang dapat digunakan sehari-hari, yang
dilengkapi dengan branding suatu perusahaan. Cara ini merupakan salah satu cara promosi
yang efektif, karena brand perusahaan tersebut akan dapat terus berpromosi tanpa biaya
selama merchandise tersebut digunakan.
> Promosi efektif tanpa mengenal waktu dan tempat
Ya! Promosi yang tak kenal waktu dan tempat adalah fungsi utama dari promo melalui
merchandise. Kenapa bisa begitu? Merchandise adalah barang-barang umum yang dipakai
sehari-hari. Contoh simple adalah sebuah mug. Dengan membubuhkan logo sebuah
perusahaan, alamat, no telp dan info di sebuah mug, sangat berpotensi meningkatkan omzet
perusahaan. Hal ini disebabkan karena mug tersebut digunakan tanpa mengenal waktu dan
tempat. Bisa dimana saja dan kapan saja dengan usia pakai yang lama dan awet. Semakin
banyak orang yang melihat mug itu, semakin kuat pula brand image perusahaan tersebut. Hal
ini jelas jauh lebih efektif daripada harus menyebar selebaran satu persatu yg belum tentu
dibaca dan bahkan dibuang begitu saja.

Tanda terima kasih / Penghargaan dari perusahaan terhadap loyalitas konsumen
Sebuah perusahaan akan bisa berjalan dengan sukses apabila bisa terus menjaga
pelanggannya untuk terus loyal kepada mereka. Hal ini yang sering luput dari perhatian
sehingga tidak jarang pelanggan yang pindah ke kompetitor karena kompetitor tersebut
benar-benar memperhatikan soal ini. Sebuah kenang-kenangan atau tanda terima kasih
kepada konsumen yang loyal memang sudah sepantasnya diberikan, tidak harus berupa
sesuatu yang wah. Cukup hanya dengan memberikan gift atau merchandise kepada mereka,
dan mereka akan merasa diperhatikan dan akan semakin loyal. Sederhana tapi sangat
mengena.

Doorprize / promo undian berhadiah
Di saat kompetitor semakin banyak, maka perlu sebuah strategi khusus dalam memenangkan
persaingan. Harus berbeda dan mempunyai nilai lebih, salah satunya adalah dengan cara
undian berhadiah / doorprize. Cara ini sudah sering dilakukan oleh perusahaan-perusahaan
besar dan telah terbukti sangat efektif dalam meningkatkan omzet perusahaan.

Fungsi Merchandise?
Penghargaan terhadap karyawan perusahaan
Karyawan pun perlu mendapat penghargaan atas dedikasi dan loyalitas yang sudah mereka
persembahkan terhadap perusahaan. Dengan diberikannya penghargaan berupa
merchandise di hari ulang tahun mereka, mereka akan merasa bahwa perusahaan sangat
memperhatikan mereka sehingga mereka pun juga akan memberikan kinerja yang terbaik.

Member Card
Ini juga menjadi salah satu strategi promosi yang efektif yang sudah sering diterapkan.
Dengan adanya program membership, perusahaan dapat terus menjaga konsumen tersebut
supaya bisa tetap loyal. Program ini memberikan fasilitas khusus kepada customer yang sudah
mendaftar sebagai member, antara lain discount khusus, dst. Bisa juga dipakai sebagai kartu
anggota bagi jenis usaha yang membutuhkan keanggotaan seperti fitness centre, dsb.

Atribut identitas perusahaan
Atribut berupa seragam dan ID Card bagi karyawan sangat penting dalam memberikan citra
perusahaan yang baik di mata konsumen.

Gift event promo
Sebuah perusahaan tak lepas dari yang namanya sebuah event. Event-event ini bisa berupa
ulang tahun perusahaan, promo ramadhan, ataupun cuci gudang akhir tahun. Supaya lebih
menarik customer, merchandise sebagai gift bisa menjadi salah satu alat promosi yang efektif.

Kado Ulang Tahun untuk Customer
Mengirimkan kado ulang tahun untuk customer setia juga sudah banyak diterapkan oleh
perusahaan-perusahaan besar. Mereka mengirimkan kado langsung ke alamat customer
sebagai tanda terima kasih atas loyalitas yang telah diberikan oleh si customer tersebut
terhadap perusahaan. Hal ini jelas akan memberikan kesan bagi customer tersebut dan juga
citra yang sangat baik untuk perusahaan tersebut. Dengan demikian, diharapkan customer
tersebut akan semakin loyal dan pastinya akan bercerita ke rekan-rekannya sehingga akan
berkembang menjadi strategi promosi yang paling efektif, yaitu dari mulut ke mulut.